Follow Me

Kamis, 28 Februari 2013

Cara Membuat Jejaring Sosial Seperti Facebook (gratis) via Jcow

Facebook merupakan jeajring sosial atau social network terbesar saat ini, berjuta - juta member facebook yang saling berinteraksi. Apakah terlintas dipikiran teman - teman ingin mempunyai jejaring sosial seperti facebook? Jika teman - teman ingin membuat jejaring sosial seperti facebook itu mudah jika mau belajar, karena pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas bagaimana cara membuat jejaring sosial dengan jcow. Jcow merupakan CMS (content management system) jejaring sosial mirip facebook atau facebook clone yang opensource alias gratis dan bisa dikembangkan, namun Jcow juga tersedia versi berbayar yaitu Jcow Profesional. Tentunya yang mau kita buat yang versi gratis dung, sebab menunya lengkap juga walaupun versi gratis.







Yang dibutuhkan untuk instalasi jcow yaitu script jcow, domain dan hosting, untuk domain dan hosting bisa menggunakan domain berbayar maupun yang gratisan. Untuk domain gratisan bisa pake dot.tk ataupun co.cc sedang hosting gratisan bisa pakai idhostinger.com maupun 000webhost.com. Namun saya sarankan untuk membuat jejaring sosial sebaiknya menggunkan domain berbayar agar terlihat profesional dan hosting berbayar agar tidak sering down, alangkah lebih baiknya jika menggunkan VPS (Virtual private server). Bagi yang belum tahu tentang hosting silahkan baca cara upload file ke hosting dan cara membuat database. Cara membuat jejaring sosial dengan jcow yang akan saya ulas kali ini menggunakan hosting berbayar dan sangat cocok bagi pemula.



Berikut Langkahnya, pastikan anda sudah punya script Jcow



Login ke Cpanel hosting anda, setelah login buat username dan database dengan memilih menu MySQL.



Kemudian buka menu file manager, setelah terbuka pilih menu upload




Upload script jcow yang didownload tadi (pastikan file terzip dengan winzip.


Setelah script terupload lalu extra script jcow tersebut.




Sekarang saatnya install jcow, utuk install script jcow agar menjadi jejaring sosial berikut langkahnya, ketikann http://www.namadomainkamu.com/install.php, ada beberapa menu yang harus di isi
Dbhost : localhost
Db_name: isi nama database yang anda buat tadi
Db_username: isi username yang anda buat tadi
Db_pasword : isi password yang anda buat tadi

Admistrator user : isi username sesuka anda
Administrator password : isi password sesuka anda

klik I agree



Selesai dan jangan lupa hapus file Install.php di filemanager hosting anda, silahkan kunjungi situs anda dan login. Keren anda sudah mempunyai situs jejaring sosial sendiri seperti facebook.
Untuk demo www.id.escendol.info.

Download Script Jcow

1 komentar:

PutuGiBagi mengatakan...

masih bingung nih gan?..

Pengikut

Guestbook